Efek Blog

Sabtu, 17 Maret 2018

5 hal yang sering kamu gunakan akan lenyap begitu saja

Nggak bisa dipungkiri lagi bahwa perkembangan teknologi berjalan dengan sangat pesat sejak ratusan tahun yang lalu. Banyak manusia berlomba-lomba untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berguna bagi manusia. Salah satunya adalah pembuatan telepon yang pertama kali diciptakan oleh Alexander Graham Bell. Telepon yang diciptakan oleh Alexander akhirnya berkembang hingga saat ini menjadi ponsel pintar yang bisa apa saja.
Selain penemuan yang dilakukan oleh Alexander Garaham Bell di atas. Sebenarnya banyak penemuan baru di zaman modern yang lambat laun berkembang dengan pesat. Bahkan, dalam jangka waktu 10 tahun ke depan, benda penemuan yang kerap kita pakai ini akan lenyap. Berikut beberapa benda atau hal yang bakalan hilang itu.
1. Mengecas Tanpa Kabel
Masalah yang kerap dialami oleh manusia modern adalah habisnya energi pada gadget yang dimiliki. Kalau kamu tidak bawa charger atau tidak ada colokan pasti kebingungan sendiri. Untuk mengatasi masalah-masalah yang sangat menyebalkan ini, pengembang gadget mulai mengembangkan cara untuk mengisi ponsel tanpa harus dicolokkan ke dalam jaringan listrik. Perusahaan Gadget terkenal seperti Samsung sudah mulai membuat gadget yang energinya bisa diisi tanpa harus menancap pada jaringan listrik. Mereka menggunakan gelombang radio untuk pengisian daya. Ponsel yang menerima gelombang ini akan melakukan pengisian secara perlahan-lahan hingga penuh.
2. Dompet Fisik
Dompet adalah tempat di mana kita semua menyimpan uang, kartu identitas, hingga kartu debit dan juga kredit. Namun, dalam tahun-tahun terakhir ini penggunaan uang fisik telah tergantikan dengan mata uang virtual. Bahkan kartu debit dan kredit pun sudah memiliki aplikasi sendiri hingga kita tak perlu membawanya secara fisik. Dalam beberapa tahun yang akan datang, SIM juga akan dibuat secara virtual hingga Anda tidak perlu kebingungan jika kartu hilang. Segala hal yang ada di dalam dompet termasuk foto orang tua dan orang terkasih lain. Di masa yang akan datang sudah tidak ada lagi masalah dompet hilang dan harus mengurus di kantor kepolisian.
3. Password
Ide pemberian passwod pada semua akun jejaring sosial, akun perbankan, hingga akun lain adalah sesuatu yang brilian. Dengan password aku seseorang akan aman dari peretasan. Sayangnya pemberian password ini sering dianggap menyusahkan banyak orang terutama mereka yang suka sekali lupa dengan kombinasi angka dan huruf yang dibuat. Untuk mengatasi ini, perusahaan pengamanan dunia sudah mulai mengganti password dengan scan iris mata, sidik jari, pengenalan wajah, hingga letak pembuluh darah pada tangan manusia. Selain hal-hal di atas, sebuah perusahaan bernama BioCatch juga membuat sebuah metode penggantian password berdasarkan kebiasaan orang. Setidaknya ada 500 variabel yang dicatat untuk mendeteksi dengan sempurna dari pemilik akun yang asli.
4. Media Fisik
Media fisik adalah apa saja yang bisa dipegang seperti buku, video game, DVD musik, dsb. Media-media seperti ini lambat laun akan habis seiring dengan perkembangan waktu. Untuk buku, zaman sekarang sudah mulai digalakkan buku model digital yang lebih efisien dan menghemat kertas hingga hutan-hutan akan aman dari perusakan untuk industri pembuatan buku dan juga majalah. Selain buku, ada juga DVD musik atau film. Di zaman sekarang, semua orang sudah malas membeli media itu secara fisik. Mereka sudah dengan media yang sudah didigitalkan hingga mudah disimpan dan tidak gampang rusak. Video game yang awalnya harus menggunakan DVD untuk penyimpanannya pun akan mulai beralih ke era digital. Dalam 10-20 tahun lagi media fisik seperti yang telah disebutkan akan lenyap dengan sendirinya.
5. Injeksi Menggunakan Jarum Suntik
Dalam 10-20 tahun lagi, manusia tidak akan perlu memasukkan obat melalui injeksi jarum suntik. Para anak-anak atau siapa saja yang fobia dengan jarum tidak akan merasakan sakitnya ditusuk dengan logam runcing untuk memasukkan obat ke dalam tubuh. Ilmuwan di MIT saat ini sedang membuat alat suntik yang bisa memasukkan obat dengan tanpa rasa sakit. Konsep dari alat yang sedang dikembangkan adalah memasukkan obat dengan kecepatan tinggi. Obat akan masuk melalui kulit tanpa membuatnya luka. Bahkan besarnya lubang yang mungkin terjadi pada metode ini hanya sebesar lubang saat nyamuk menggigit kulit manusia. Jadi benar-benar tidak terasa sakit.
Itulah kelima hal yang kerap digunakan oleh manusia namun akan hilang dalam 10 tahun mendatang. Kemajuan teknologi memang bertujuan untuk memudahkan kehidupan di masa depan. Semoga dengan hilangnya hal-hal tersebut nggak akan berpengaruh buruk bagi kehidupan ya, Famous People! (non)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar