Efek Blog

Kamis, 15 Maret 2018

Inilah cara memutihkan dan mencerahkan mata yang paling cepat dan ampuh

Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Memiliki bola mata yang cenderung berwarna kuning dan tidak cerah seringkali membuat Anda tidak percaya diri. Kondisi seperti inilah yang sebaiknya harus Anda hindari, karena ketidakpercayaan diri akan membuat semuanya menjadi berantakan. Ada banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk memutihkan warna bola mata. Cara ini bahkan bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa perlu pergi ke dokter yang memerlukan biaya cukup banyak. Ya, menggunakan cara tradisional untuk memutihkan mata sudah dipakai oleh banyak orang.
Anda ingin membuktikannya sendiri? Yuk simak beberapa cara memutihkan mata menggunakan bahan tradisional berikut ini.


Cara Memutihkan dan Mencerahkan Mata yang Kuning



  1. Kompres menggunakan air es
Air es memang dipercaya dapat meredakan memar dan juga mengecilkan jerawat. Namun, masih ada khasiat lain dari air es ini yaitu dapat digunakan sebagai cara memutihkan mata. Ya, air dingin memang dapat membuat mata Anda menjadi lebih bersih dan lebih cerah dari sebelumnya.
Agar dapat merasakan khasiat dari air es ini, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda tempuh.
  • Siapkanlah satu buah mangkok yang sudah diisi dengan es batu ataupun menggunakan air dingin juga bisa
  • Siapkan juga selembar kain bersih untuk mengompres mata Anda
  • Celupkan kain tersebut, lalu peras sampai airnya tidak menetes dan tempelkanlah pada kelopak mata Anda
Anda juga bisa mengompres mata pada malam hari menjelang tidur agar mata lebih relax dan lebih bersih.
  1. Pijat ringan dengan handuk panas dan dingin
Jika Anda mengalami mata lelah dan warna bola mata memerah, cobalah untuk melakukan pijatan dengan menggunakan handuk panas dan dingin. Cara memutihkan mata ini dapat dilakukan dengan menjalankan langkah-langkah berikut ini.
  • Siapkanlah dua mangkok untuk menampung air panas dan air dingin
  • Siapkan pula dua buah handuk yang masih bersih
  • Masukkan satu buah handuk ke dalam mangkuk yang berisi air panas, kemudian peras sampai tersisa rasa hangat
  • Tempelkan handuk tersebut di atas mata Anda, kemudian lakukanlah pijatan ringan mulai dari alis sampai kelopak mata. Lakukanlah pemijatan ini kurang lebih 2 sampai 4 menit saja.
  • Ambil handuk yang satunya lagi dan celupkan pada air dingin, peras dan letakkan di atas mata, kemudian lakukan pemijatan seperti tadi
  • Ulangi cara tersebut sampai mata Anda segar kembali.
  1. Mengonsumsi wortel secara rutin
Wortel mengandung vitamin A dan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan mata. Kedua vitamin tersebut juga dipercaya dapat diguanka sebagai cara memutihkan mata yang ampuh. Selain itu, wortel secara rutin juga dapat mengobati mata minus secara alami dan tak perlu mengeluarkan biaya yang besar.
  1. Melatih otot mata
Menjaga mata agar tetap sehat merupakan upaya yang sangat penting agar mata kembali putih dan bersih. Melakukan olahraga mata perlu dilakukan untuk melatih otot mata agar tidak tegang dan tetap relax. Olahraga mata juga dapat menyembuhkan mata minus. Ini dia cara yang harus Anda lakukan.
  • Naiklah ke lantai dua rumah Anda, lalu duduk santai dengan posisi bersilah, kemudian pandanglah jarak yang paling jauh. Cara ini sudah terbukti efektif untuk melatih otot mata Anda dan mengurangi mata minus.
  • Lakukanlah cara tersebut secara bergantian yaitu menggunakan mata kanan dan mata kiri Anda. Pandanglah menggunakan mata kanan selama 10 detik kemudian ganti menggunakan mata kiri selama 10 detik.
  1. Hindari menatap matahari secara langsung
Disaat berada di luar ruangan pada terik matahari sebaiknya menggunakan kacamata hitam agar mata terlindungi dari sinar matahari yang dapat mengakibat kerusakan. Hindari menatap ke atas dalam kurun waktu yang lama, karena cahaya matahari dapat menyebabkan kebutaan.
  1. Kompres dengan mentimun
Cara selanjutnya untuk memutihkan dan menjaga kesehatan mata adalah dengan rajin mengompres mata dengan mentimun. Setelah bekerja seharian pastinya mata akan lelah terutama bagi anda yan bekerja di depan monitor. Sebaiknya relaksasikan mata dengan menggunakan mentimun. Selain untuk merelaksasikan mata mentimun juga bermanfaat untuk mengurangi kantung mata yang hitam.
  1. Kompres dengan teh celup bekas
Jika anda suka minum teh di pagi hari maka jangan buang teh celup tersebut. Simpan untuk digunakan pada sore hari untuk mengkompres mata. Daun teh mengandung zat yang berguna sebagai antioksidan untuk menghambat radikal bebas. Selain untuk menyegarkan dan memutihkan mata yang kuning, teh celup bekas dapat juga bermanfaat untuk menghilangkan kantung mata hitam secara alami.
  1. Hindari terlalu lama dengan gadget atau monitor
Dalam ini jika anda sebagai seorang karyawan yang bekerja di depan komputer sepanjang hari, ada baiknya anda menyediakan jeda waktu sekitar lima menit setiap 1 jam sekali untuk mengistirahatkan mata. Karena paparan dari monitor secara terus menerus dan berkala akan membuat mata menjadi kuning, sakit bahkan menambah minus pada mata. Pada saat libur pastinya akan asik untuk menonton tv atau pun film di komputer, pastikan anda tidak menonton lebih dari 2,5 jam tanpa istirahat.
  1. Tidur yang cukup dan nyaman
Pada saat jam tidur ada baiknya tidak menggunakan gadget sebelum tidur. Hal ini akan membuat mata sulit untuk beristirahat. Selain itu ada baiknya untuk mematikan lampu atau redupkan lampu diwaktu tidur, sehingga mata terpejam dengan nyaman tanpa ada cahaya yang terlalu banyak.
  1. Gunakan obat mata seperlunya
Jika terjadi iritasi pada mata gunakan obat mata seperlunya. Jangan gunakan obat mata secara berlebihan, karena mengandung bahan kimia. Obat mata berfungsi untuk meredakan iritasi bukan untuk memutihkan mata yang kuning.
  1. Mencuci mata disaat lelah
Disaat anda sudah merasakan lelah sebaiknya cuci mata dengan air yang bersih agar mata tidak kering dan memerah. Hal ini akan membantu memutihkan mata yang kuning akibat kelehan. Usahakan untuk sering berkedip agar air mata tetap keluar dan mata tidak mudah kering.
Nah demikianlah beberapa cara memutihkan mata kuning dengan kegiatan dan bahan alami yang mudah didapat. Dengan menjaga kesehatan mata, maka kita juga bersyukur atas karunia penglihatan yang diberikan ini. Apa jadinya jika penglihatan ini rusak atau tidak dapat melihat, pastinya akan lebih menderita. Sekian tips kesehatan menjaga mata kali ini, simak tips kesehatan selanjutnya di cantiknsehat.com berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar